Merancang sistem yang mencegah terjadinya kesalahan lebih baik daripada merancang pesan kesalahan yang baik.
Kesalahan yang memungkinkan terjadi oleh sistem berada pada pengiriman pesan kepada toko.
Kesalahan pun diketahui setelah submit, tidak ada pencegahan terjadinya error, berikut contohnya:
1. Kesalahan apabila field yang berbintang (tidak boleh kosong) tidak terisi.
field nama kosong |
field email salah/kosong |
field subjek kosong |
field isi pesan kosong |
Rekomendasinya lebih baik mencegah daripada mengobati, hal ini juga berlaku pada sistem ini lebih baik sebelum mengisi field selanjutnya, cek dulu field sebelumnya.
Untuk severity rating, masalah ini diklasifikasikan pada skala 3 major usability, yang artinya harus diubah dalam prioritas tinggi.
2. Kesalahan dalam pengisian nomor telepon dengan alfabet proses masih berlanjut.
Hal ini perlu diperbaiki agar mengecek nomer telepon dengan isian numerik, meskipun field ini tidak wajib diisi.
Untuk severity rating, masalah ini diklasifikasikan pada skala 3 major usability, yang artinya harus diubah dalam prioritas tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar